Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat, Kapolres Simalungun Tetap Menekankan Semangat Kepada Personil.

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Upacara Kenaikan pangkat yang digelar di Mapolres Simalungun jalan John Horailam Saragih, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K. Senin (4/1/2021) sekira pukul 09.30 Wib.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K mengatakan “kenaikan pangkat yang ditandai dengan Korps Report ini tidaklah didapat secara otomatis, namun harus dengan perjuangan dan melalui proses-proses serta dengan penilaian yang objektif, adil, dan konsisten sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, Ujar Kapolres Simalungun.

(Insert) Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K menjadi Inspektur Upacara.

“Tidak hanya itu saja, untuk kenaikan pangkat ini juga memperhatikan aspek moral, kepribadian, dedikasi, loyalitas, prestasi serta dilakukan pengamatan catatan kotor anggota”, lanjut Agus Waluyo.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K juga mengatakan kenaikan pangkat juga mengartikan akan semakin berat tugas dan tanggung jawab yang harus diemban. Jadi, kenaikan pangkat harus dijadikan motivasi dan inspirasi dalam menghadapi hal-hal yang sangat sulit kedepannya nanti.

“Kenaikan Pangkat ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar, dimana kita mengetahui bahwa masyarakat saat ini sangat mendambakan sosok Polri yang Profesional, melayani sepenuh hati, anti kekerasan sebagai pelindung, pengayom, penegak hukum, serta menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia”, jelas orang nomor 1 di jajaran Polres Simalungun itu.

Dalam pelaksanaan proses kenaikan pangkat periode 1 Januari 2020, Personil yang sudah memenuhi syarat formal untuk diusulkan kenaikan pangkatnya sebanyak 80 orang yang terdiri dari 77 orang pangkat reguler dan 3 orang pangkat pengabdian.

Akan tetapi, hanya 74 orang saja yang dapat diusulkan kenaikan pangkatnya, serta 6 orang lagi tidak dapat diusulkan yang dikarenakan masih dalam proses penyelesaian sangsi pelanggaran disiplin dan kode etik.

(Insert) personil yang menjadi peserta penaikan pangkat satu tingkat di atas pada periode 1 Januari 2021.

Hal itu dilakukan berdasarkan dari hasil penilaian Dewan Pertimbangan karier (DPK) Polres Simalungun.

Dalam kegiatan Upacara Kenaikan Pangkat Periode 1 Januari 2021 itu, tampak hadir Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K sebagai Inspektur Upacara, Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Surya, SE, SH, MH, Kabag Ren Polres Simalungun Kompol P. Sihombing, Kabag Sunda Polres Simalungun Kompol Joner Purba, Kapolsek Jajaran Polres Simalungun, Kasat Reskrim Polres Simalungun AKP Rachmat Ari wibowo, S.I.K, Kasat Intelkam Polres Simalungun AKP Restuadi, SH, Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Y. Sinulingga, Kasat Sabhara Polres Simalungun AKP N. Manurung, Kasubbag Program Bag Ren AKP Respon Gultom sebagai perwira Upacara, Kanit Idik I Sat Reskrim Polres Simalungun Iptu Antonyus Hutahayan, SH, MH sebagai Komandan Upacara, serta Anggora Polres Simalungun yang menjadi peserta kenaikan pangkat.

Jumlah Personil yang dapat kenaikan pangkat Reguler T. M. T 1 Januari 2021 dengan perincian sebagai berikut :

  1. Dari Iptu ke AKP sebanyak 8 Personil.
  2. Dari Ipda ke Iptu sebanyak 13 Personil.
  3. Dari Aipda ke Aiptu sebanyak 13 Personil.
  4. Dari Bripka ke Aipda sebanyak 26 Personil.
  5. Dari Brigadir ke Bripka sebanyak 6 Personil.
  6. Dari Briptu ke Brigadir sebanyak 5 Personil. (Rel/B.03.HARTA).