Sah…. Simalungun Punya Bupati -Wakil Bupati Baru. RHS -Zonny Waldy Resmi ditetapkan KPU.

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Pemilu Serentak 2020 yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 beberapa waktu lalu, telah selesai dilaksanakan hingga saat ini telah sampai pada Penetapan Pemenang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun secara resmi menetapkan pasangan Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonni Waldy (RHS-ZW) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno KPU Simalungun, dipimpin Ketua KPU, Raja Ahab Damanik, bersama empat komisioner lainnya diantaranya Puji Rahmad Harahap, Fatimah Yanti Sinaga, Rahmadani Sari Isni Damanik dan Salman Abror, yang digelar di hotel Sing A Song, Kecamatan Siantar, Rabu (20/1/2021).

Ketua KPU Simalungun, Raja Ahab Damanik menjelaskan, penetapan pasangan RHS-ZW sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simalungun terpilih berdasarkan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 Tanggal 20 Januari 2021 perihal penetapan calon terpilih pemilihan serentak tahun 2020.

Dalam surat tersebut, pasangan calon dengan nomor urut 1 Radiapoh Hasiholan Sinaga berpasangan dengan Zonni Waldy (RHS-ZW) ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Simslungun terpilih dengan memperoleh 194.163 suara, yang diusung oleh gabungan partai politik yakni Partai Golkar, Partai Berkarya, Partai Hanura, PKS dan Perindo.

Penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun terpilih 2020 ditandai dengan penandatangan berita acara oleh ketua dan seluruh komisioner. Kemudian berita acara tersebut diserahkan kepada KPU-RI, KPU Provinsi Sumatera Utara, Bawaslu Simalungun, Partai Politik, Bupati/Wakil Bupati terpilih dan DPRD Simalungun.

Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Simalungun yang telah ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati/Wakil Bupati Simalungun. ” Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun dalam mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun 2020,” tegas Ahab.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan menyampaikan usulan kepada DPRD Simalungun, untuk kemudian ditindaklanjuti agar menggelar rapat paripurna, selanjutnya dilakukan pengambilan sumpah dan janji terhadap Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Sebagaimana diketahui, pilkada Simalungun 2020 diikuti empat pasangan calon. Mereka adalah pasangan RHS – ZW, pasangan Muhajidin Nurhasim – Tumpak Siregar, pasangan Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih dan Anton Saragih – Rospita Sitorus.

Pasangan RHS-ZW berhasil meraih suara terbanyak disusul pasangan Anton-Rospita diposisi kedua, pasangan Hasim -Tumpak posisi ketiga dan posisi keempat adalah Wagner. (Rel/B.03.HARTA).