Jelang PSU Labuhan Batu Dan Labusel, LSN Laksanakan Survei Di 2 Tempat.

BidikNewsToday.Com (Rantauprapat) – Lembaga Survei Nusantara (LSN) merilis hasil survei peta politik menjelang PSU di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Labuhanbatu, menjelang pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada 2 daerah tersebut.

Direktur Eksekutif LSN Humuntal Rajagukguk, menyebut LSN telah melakukan survei tentang peta politik di Kabupaten Labuhanbatu dan Labusel dengan metode wawancara langsung terhadap responden sejak 21 sampai 23 April 2021.

“Survei di Labusel dengan jumlah responden 480 orang, 320 orang menginginkan pasangan calon bupati-wakil bupati, Hasnah Harahap dan Kholil Jupri Harahap memimpin Labusel periode 2021-2024. Sementara itu, 160 orang menginginkan pasangan Edimin-Fadli,” sebut Humuntal kepada sejumlah wartawan di Rantauprapat, Jumat (23/4) malam.

Saat ini, hasil perolehan suara setelah pengurangan suara di 16 TPS PSU, pasngan calon (Paslon) Hasnah-Kholil sudah unggul sementara 1.887 suara. Pasangan Hasnah-Kholil memperoleh 65.001 suara dan pasangan Edimin-Fadli 63.124 suara.

“Dengan demikian pasangan Hasnah-Kholil mempunyai modal 1.887 suara pada PSU Pilkada Labusel yang memperebutkan 3.630 suara dari 16 TPS,” ungkapnya.

Namun, dalam pengamatan dan kajian Balitbang LSN, pelaksanaan PSU agar tidak ada intimidasi kepada pemilih dalam menentukan pemimpinnya, sebab dari 16 TPS yang melakukan PSU ada 11 TPS yang berada di wilayah perkebunan milik salah seorang politisi partai pengusung calon lain.

LSN berharap KPU dan Bawaslu Labusel beserta Polri agar mencermati situasi ini demi menghasilkan Pilkada yang langsung, umum, bersih dan adil serta tanpa intimidasi.

“Dengan demikian, apapun hasil PSU di Labusel dapat diterima semua pihak. Bila situasi ini terjadi maka pasangan Hasnah-Kholil berpeluang besar memenangkan PSU di Labusel,” katanya.

Humuntal juga mengungkap hasil survei LSN pada PSU Pilkada Labuhanbatu. Katanya, dari 460 responden, 238 orang telah menentukan pilihannya ke pasangan Andi-Faizal. Sementara 222 orang memilih pasangan Erik-Ellya Rosa.

Menurutnya, persaingan di Labuhanbatu cukup sengit. Namun pasangan Andi-Faizal sudah unggul sementara 493 suara dari pasangan Erik-Ellya Rosa setelah pengurangan suara dari 9 TPS yang akan PSU.

“Dengan demikian, posisi hari ini Andi-Faizal yang telah mengantongi 87.166 suara dan Erik-Ellya Rosa 86.673 suara. Dua Paslon ini bersaing ketat merebut 2.987 suara dari 9 TPS PSU,” ujarnya.

Dengan hasil survei LSN yang bekerja secara independen untuk memberi pendidikan politik kepada rakyat agar bijak dalam memilih pemimpin, dia berharap rakyat di 2 kabupaten ini dapat cerdas memilih calon bupati dan wakil bupatinya. (Rel/B.03.HARTA).