Kembali Laksanakan Razia Rutin, Lapas Kelas II A Pematangsiantar Deteksi Pencegahan Gangguan Kamtib Dalam Lapas.

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Pasca Lebaran Idul Fitri 1442, Lapas Kelas II A Pematangsiantar kembali lakukan razia dalam kamar hunian Warga Binaan. Rabu (19/5/2021) sekira pukul 20.00 Wib.

Razia rutin tersebut dilaksanakan di dalam Lapas Kelas II A Pematangsiantar jalan Asahan KM 6, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan Razia rutin tersebut dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas II A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH, MH yang didampingi oleh Kasi Binadik Aulya Zulfahmi.

Kegiatan dilaksanakan guna untuk menindaklanjuti pelaksanaan deteksi dini sesuai dengan Standart Oprasiinal Prosedur (SOP) yang tertera dalam Kepdirjen No. PAS-416.PK.01.04.01 tanggal 21 Agustus 2015 tentang Standar Pencegahan Gangguan Kamtib.

Kegiatan dimulai dengan apel serta arahan dari Kasi Binadik Aulya Zulfahmi, kemudian merazia beberapa kamar hunian di blok Beringin.

Saat berlangsungnya Razia, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar menurunkan Satgas Kamtib 3 dan staff KPLP Lapas yang diketuai oleh Aulya Zulfahmi.

Dalam keterangan Aulya Zulfahmi, ia mengatakan bahwa Razia ini tetap mengikuti SOP dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

“Razia ini dilakukan sesuai SOP. Petugas harus terlebih dahulu memeriksa badan dan pakaian Warga Binaan terlebih dahulu, lalu memeriksa kamar hunian”, Jelas Ketua tim Satgas itu.

“Kita melakukan pemeriksaan harus tetap menjalankan prokes, petugas harus memakai masker dan sarung tangan. Agar tak terjadi kontak langsung dengan para Warga binaan”, lanjutnya.

Di dalam kamar hunian, petugas menemukan benda-benda terlarang seperti Kabel Listrik, pisau yang dibentuk dari sendok, 3 unit handphone, charger dan beberapa besi dan kayu, serta tidak ditemukan Narkotika atau sejenisnya.

(Insert) Petugas Razia melakukan pendataan Barang sitaan dan dan melakukan pemusnahan.

Seusai Razia, petugas langsung mendata Barang-barang yang telah diamankan dan langsung dimusnahkan dengan cara membakarnya.

Setelah dilakukan pemusnahan, petugas langsung melakukan apel penutupan razia rutin yang dipimpin oleh Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar.

Dalam arahannya, Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH, MH mengatakan bahwa ini merupakan keseriusan Lapas untuk mewujudkan Lapas Bersinar bersih dari Narkoba.

“Sesuai dengan MoU Lapas Kelas II A Pematangsiantar bersama dengan BNNK Pematangsiantar, ini merupakan Wujud komitmen dan keseriusan Lapas Kelas II a Pematangsiantar untuk mewujudkan Lapas Bersinar dan bersih dari Narkoba”, ujar Rudy saat melakukan arahan Apel Penutupan.

“Untuk itu saya menyampaikan kepada seluruh petugas agar meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kegiatan warga binaan dengan cara memperbanyak Trolling dan pengecekan ke kamar hunian. Terutama untuk petugas penerima barang titipan dari keluarga ataupun petugas P2U”, tutup Kalapas. (B.03.HARTA).