Antisipasi Covid-19, Lapas Kelas II A Pematangsiantar Perketat Aturan.

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Tak henti-hentinya ancaman Pandemi Covid-19 di Indonesia, membuat keresahan di kalangan masyarakat semakin kuat khususnya di Daerah Kota Pematangsiantar – Simalungun.

Berdasarkan hal itu, untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19 tersebut, Lapas Kelas II A Pematangsiantar semakin memperketat Aturan sesuai Protokal Kesehatan (Prokes). Jum’at (21/5/2021).

Berdasarkan jumlah Warga Binaan sebanyak 1731 orang dan 140 petugas Lapas Kelas II A Pematangsiantar yang sangat rentan terpapar Covid-19, Kalapas Kelas II A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH, MH berkomitmen untuk menegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) dari waktu ke waktu.

“Karena hingga saat ini, Pandemi Covid-19 masih tetap mengancam kita, kita akan tetap memperketat dan menegakkan Protokol Kesehatan di lingkungan Lapas ini”, ujar Kalapas.

(Insert) Penyemprotan Desinfektan di wilayah perkantoran Lapas Kelas II A Pematangsiantar.

Oleh karena itu, Lapas Kelas II A Pematangsiantar melaksanakan langkah-langkah pencegahan yang telah berjalan seperti :

  1. Tidak menerima layanan kunjungan dan hanya menerima titipan barang dan makanan.
  2. Areal wajib masker, cuci tangan dan cek suhu tubuh.
  3. Pembagian masker, vitamin kepada petugas maupun warga binaan penjara (WBP).
  4. Penyemprotan kamar hunian WBP dan wilayah perkantoran secara berkala.
  5. Menerima tahanan baru dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).
  6. Vaksinasi kepada seluruh petugas Lapas.
  7. Layanan vidio call kepada keluarga dan sidang secara online bagi WBP.

Kemudian, Kalapas Kelas II A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH, MH juga mengatakan bahwa Covid-19 ini merupakan ancaman dunia, dan seluruh masyarakat Lapas harus tetap menjaga kesehatan dan mematuhi Prokes.

“Pada dasarnya, bahaya Covid-19 ini adalah ancaman dunia yang harus kita waspadai dan tidak boleh kita anggap remeh. Untuk itu saya menegaskan kepada seluruh petugas agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, dana paling penting adalah untuk tidak bepergian keluar kota”, Jelas Rudy Fernando.

“Selain itu, kita juga dapat mencegah Penularan Covid-19 dengan cara menerapkan pola hidup sehat, berolahraga, dan minum vitamin sebagai anti body untuk tubuh kita masing-masing”, lanjutnya sembari menutup keterangannya. (B.03.HARTA).