Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

PT PLN Persero Unit Induk Wilayah Sumut Resmikan Kantor ULP PLN Pematang Raya

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan penguatan pelayanan kelistrikan di Sumatera Utara sebagai upaya untuk menggenjot rasio elektrifikasi di daerah tersebut.

Penguatan kinerja pelayanan kali ini dilakukan dengan meresmikan Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Pematang Raya, Jalan Jenderal Sudirman No 2, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun Wilayah kerja PLN UP3 Pematangsiantar Kamis 13 Januari 2022 sekitar pukul 10.00 Wib.

Peresmian kantor ULP PLN Pematang Raya ini langsung di hadiri oleh General Manager UIW SUMUT Pandapotan Manurung, SRM Kekuangan, Komunikasi dan Umum Jhon Horas, SRM Distribusi Didiek Wicaksono, SRM Perencanaan Reni Wahyu, VP Talenta Area 1 Eddy Irawan, Kapolsek Pematang Raya AKP Alwan, DANRAMIL 14/Raya KAPT. ARM. Muslimin Saragih SE, Camat Pematang Raya Septiaman Purba (mewakili), Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Simalungun Pahala R.B.Sinaga, S.STP, Lurah Pematang Raya Jon Sarmedi Purba, beserta tokoh masyarakat Apri Nopjon Saragih, Arsyad tokoh agama.Uzt Ghafur.

Manager PLN UP3 Pematangsiantar Joy Mart Sihaloho dalam sambutannya menyampaikan, berkat dukungan kantor Induk Sumut tepatnya di penghujung tahun 2020 yang lalu kami UP3 Pematangsiantar ditunjuk untuk menyelesaikan pembangunan kantor ULP Pematang Raya dimana selama ini fokus beroperasi didaerah Sidamanik.

Melihat pertumbuhan kota khususnya wilayah Simalungun dimana daerah Raya adalah ibukota kabupaten Simalungun, maka perlu mendapatkan suport untuk meningkatkan pelayanan PLN khususnya ULP Pematang Raya.

Joy Mart juga meminta kepada tokoh masyarakat, tokoh adat Simalungun untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat Simalungun “karena kami sendiri tidak mampu tanpa didampingi tokoh masyarakat dan tokoh adat Simalungun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat” ucapnya

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat Simalungun agar bisa memberikan masukan atau kritikan yang membangun dalam pelayanan ULP PLN Pematang Raya. “Kami dari UP3 Pematangsiantar umumnya BUMN saat ini sudah bertransformasi khususnya dalam pelayanan, sebenarnya kami menginginkan kantor itu sepi bukan seperti sepuluh tahun yang lalu semua pengaduan ada dikantor layanan”.ujar Joy Mart.

Dan untuk itu, “kita sekarang ada aplikasi baru yang sedang berkembang yakni New PLN Mobile tempat pengaduan, melalui aplikasi New PLN Mobile maka semua kebutuhan dari pasang baru, perubahan daya, adanya pemadaman serta termasuk rekening tagihan dan lain-lain bisa diketahui. Mobile PLN sudah kita launching tahun lalu mudah-mudahan terus berkembang untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat. Dengan kehadiran PLN bisa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi terkhusus di Simalungun” terang Joy Mart.

Dalam kesempatan ini juga General Manager UIW Sumut Pandapotan Manurung menyampaikan, bahwa PT PLN mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta pemerintah Kabupaten Simalungun yang berkantor di ibu kota Simalungun Pematang Raya, juga mendukung pembangunan kabupaten Simalungun dan harus dekat dengan stakeholder.

“Salah satu sisi kami kenapa kami memindahkan kantor ULP PLN dari Sidamanik ke Pematang Raya Tujuannya adalah mendekatkan pelayanan serta membangun sinergi dalam membangun kabupaten Simalungun” ucap Genaral Manager.

Pandapotan berharap agar kedepan kabupaten Simalungun semakin jaya pembangunannya, dan semakin baik dalam hal produktif serta bisa mendorong kesejahteraan masyarakat Simalungun dan juga pertumbuhan ekonomi untuk kabupaten Simalungun karena daerah Simalungun adalah daerah Pariwisata.

Acara peresmian berjalan sukses, kantor baru ULP PLN Pematang Raya resmi beroperasi dengan di tandai penandatanganan prasasti oleh General Manager UIW Sumut Pandapotan Manurung selanjutnya dirangkai dengan acara menyantuni kaum Dhuafa dengan membagikan berupa sembako.

 

Berikut Profil ULP PLN Pematang Raya.

ULP Pematang Raya secara geografis berada pada koordinat Lattitude 2.970000 Longitude 98.851695 dan beralamat di Jl. Sudirman No 2 Pematang Raya . Adapun wilayah kerja ULP Pematang Raya meliputi 1 Kabupaten Simalungun dengan 11 Kecamatan, yaitu Kecamatan Dolok Pardamean, Kecamatan Dolok Silai, Kecamatan Haranggaol Horison, Kecamatan Pamatang Silima Huta, Kecamatan Panei, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kecamatan Purba, Kecamatan Raya, Kecamatan Sidamanik, dan Kecamatan Silimakuta dengan luas wilayah 1.349,86 km2.

Dalam menjalankan pelayanannya ULP Pematang Raya dibantu 7 Kantor Pelayanan yang tersebar diseluruh wilayah kerja. Adapun Kantor Pelayanan terdiri dari : KP Sidamanik, KP Pane Tongah, KP Sipintu Angin, KP Tiga Runggu, KP Haranggaol, KP Seribu Dolok, dan KP Saran Padang. Sistem kelistrikan UP3 Pematangsiantar dilayani dari 1 Gardu Induk dan 1 Gardu Hubung dengan total penyulang sebanyak 2 penyulang Gardu Induk dan 4 Penyulang Gardu Hubung dengan beban puncak 13.02 MW.

Berdasarkan laporan data asset jaringan distribusi bulan Desember tahun 2021 ULP Pematang Raya saat ini memiliki aset jaringan distribusi berupa Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 742,21 kms, Gardu Distribusi (GD) sebanyak 464 Unit dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 459,33 kms.

Dari sisi jumlah pelanggan sampai dengan bulan Desember tahun 2021 total keseluruhan pelanggan ULP Pematang Raya sebanyak 57.548 pelanggan dengan daya tersambung 56.992.150 VA, terdiri dari pelanggan pasca bayar 33.609 pelanggan dan pelanggan prabayar 23.939 pelanggan. Total penjualan tenaga listrik sampai dengan bulan Desember tahun 2021 mencapai 73,79 GWH dengan pendapatan penjualan tenaga listrik sebesar Rp. 66.782.122.567,-. Pertumbuhan penjualan tenaga listrik ULP Pematang Raya komulatif sampai dengan bulan Desember tahun 2021 sebesar 1,07 %. (Rel/B.01.HENDRA).

Read Previous

Bravo Sat Narkoba Polres Padang Lawas, Dalam Sekejap Ringkus 4 Pengedar Sabu

Read Next

Tak Tahan Dengan Keadaan Ekonomi, Seorang Pria Nekat Akhiri Nyawanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *