Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Masyarakat Butuh Penanganan Medis Darurat, Aplikasi PSC 119 DinKes Siantar Aktif 24 Jam

BidikNewsToday.Com (Pematang Siantar) – Public Safety Center (PSC) 119 Kota Pematang Siantar merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan segera mungkin untuk mencegah Cedera atau kematian korban.

Banyak terjadi hal-hal yang diluar dugaan masyarakat yang dapat membuat kepanikan terhadap suatu peristiwa yang ada di berbagai Lingkungan sekitar seperti, Kecelakaan, Penyakit dadakan yang terjadi pada manusia, dan sebagainya.

Untuk menangani dan melayani masyarakat agar lebih cepat, Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar kini telah mengembangkan Aplikasi yang bernama PSC (Public Safety Center) 119 Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar. Kamis (22/9/2022).

Aplikasi tersebut dapat diperoleh oleh masyarakat Kota Pematang Siantar dengan cara mengunduhnya di PlayStore Android yang bernama PSC 119 Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar.

Dalam hal itu, Kabid Yankes dan SDK Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Urat H. Simanjuntak, SKM, M.Kes mengatakan bahwa Aplikasi tersebut merupakan sebuah inovasi baru untuk membantu masyarakat.

“PSC 119 ini sebuah inovasi yang saya rencanakan pada saat saya mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrasi di kemendagri kemarin. Aplikasi ini agar memudahkan masyarakat untuk menghubungi petugas kesehatan, apabila mereka mengalami keadaan gawat-darurat”, jelas Urat Simanjuntak.

“Nantinya, apabila masyarakat mengalami ke gawat-daruratan bisa dengan mudah menghubungi tim yang tetap stay 24 jam di markas”, lanjutnya.

Dari penjelasan Kabid Yankes dan SDK Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Urat H. Simanjuntak, SKM, M.Kes mengatakan bahwa Markas Tim PSC 119 Kota Pematang Siantar berada di Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Jalan Sutomo, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.

Kemudian, Kabid Yankes dan SDK Dinas Kesehatan Kota Pematang itu juga menjelaskan kesiapan personil PSC 119 tersebut.

“Untuk personil kita saat ini berjumlah 15 orang yang dibagi menjadi 3 shift yang terdiri dari Dokter, Bidan, Perawat, Operator dan Supir Ambulans”, jelas Kabid Yankes dan SDK Dinas Kesehatan Kota Pematang itu.

Sementara itu, Wali Kota Pematang Siantar dr. Susanti Dewayani,Sp.A sangat mendukung adanya Aplikasi PSC 199 Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar agar dapat memudahkan petugas dalam membantu korban.

“Kita sangat mendukung adanya sebuah inovasi baru yang saat ini sedang dikembangkan oleh Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar. Apalagi untuk membantu masyarakat untuk menciptakan Siantar Sehat, Sejahtera dan berkualitas”, Ujar Walikota Siantar. (B.03.HARTA). 

Editor : Hendra Silitonga. 

Read Previous

Pengeroyokan di Kost Debora 2, Pelaku : Lapor Lah, Nggak Akan Diproses Itu!

Read Next

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Sampaikan Perubahan Rancangan (KUA-PPAS) APBD Tahun Anggran 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *